Kamis, 29 Juni 2017

Gaya Hidup Sehat Di usia 45 tahun lebih

USIA 45 Up SEBAIKNYA SUDAH TIDAK USAH FOCUS MEMBURU KULINER... perbanyak REKREASI saja....

Ini pesan  Prof. Dr. dr. Bhenny Karim, SpPD-KR. (Guru Besar FK UGM)
Untuk Saudaraku yg Telah ber Usia 45 thn ke Atas , Lebih2 Disiplin Jaga Kesehatan
Proses Penuaan (aging), Sudah Mulai Sejak usia 32 tahun, dengan Mulainya Penurunan Fungsi Organ-Organ (Seperti Ginjal, Lever, Anak Ginjal, Hypophyse dan lainnya) dan
Penurunan Hormon-Hormon (Seperti Testosteron, Growth Hormon, Coenzym Q10, Melatonin dan Antioxydan).
Pada Wanita usia 45 th Mulai Penurunan Estrogen.
Pada Pria Penurunan Hormon Progesteron dan Testosteron.
Penuaan adalah suatu penyakit yg berlangsung kronis yang sebenarnya tidak dapat di cegah , di obati dan di kembalikan menjadi muda.
Penuaan bukanlah hukuman , tetapi akibat titah dari gen.
Beberapa penyakit yang muncul akibat proses penuaan, adalah:

1. Osteoporosis.
2. Metabolik Syndrome, dgn Akibat Penyakit Cardiovasculer (seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner dan Hypertensi Renal).
3. Cancer (seperti Payudara, Colorectal/Usus, Prostat, Ovarium).
4. Alzeimer (Pikun).
5. SD (Sexual Dysfunction).

APA SAJA YG HARUS DILAKUKAN?

1..BERGERAK
Jalan kaki 3 s/d 5 km/hari) dapat Mencegah Osteoporosis (Rapuh Tulang) dan Hypertensi.

2.SENAM OLAH NAFAS
Seperti Pranayama, Orhiba, Cikung, Yoga, dsb 2x / Minggu.
Paru-paru Perlu Latihan Deep breathing/maximal breathing, untuk meningkatkan Aliran Darah di alveoli, Menguras CO2.

3..KURANGI KARBOHIDRAT
Cukup Protein, Buah dan Sayur.

4.JAGA BERAT BADAN
Bobot Ideal Pria ( Tinggi Badan diKurangi 100 ) , Wanita ( Tinggi Badan diKurangi 110 ).
Lingkaran Perut Tak Boleh Lebih 80 cm untuk wanita, 90 cm untuk Pria.
BMI Tak Boleh Lebih 30 kg/m2.

5.TEKANAN DARAH TIDAK BOLEH LEBIH 140/90.
Cek Tensi Tiap Minggu.

6. KADAR GULA DARAH PUASA TIDAK BOLEH LEBIH 110, Trigliserida 150, HDL Harus Lebih 50.
Jadi Cek Darah Max Tiap 6 Bulan.

7.Wanita MAMMOGRAFI dan PAP SMEAR setiap 1 thn.
Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara.

8.ISTIRAHAT CUKUP
Tidur 6 jam seBisanya mulai jam 10 malam, Lampu Mati (Merangsang Growth Hormon).
Jangan Makan 3 jam Sebelum tidur (Mencegah GERT, Mencegah Sesak).
Bantal Pendek (Meningkatkan Oksigenasi otak).
Miring ke Kanan (mengurangi Beban Jantung).

9.KURANGI STRESS
Jangan bekerja di Luar Kapasitas/Kemampuan.
Perbanyak Rasa Syukur , Doa atau Meditasi ,
Senantiasa Perbaiki Kualitas ibadah , Iman , Sosial & Hiburan yg Positif
Perbanyak Saat Kumpul2 , Ngobrol2 Santai , Canda Ria , Silaturahim atau Berkumpul dengan Keluarga & Sahabat juga Teman2
Tidak Boleh Marah2 atau Emosionil , Buang jauh hal yg berpotensi membuat sedih/Kasus ( Hukum/perMusuhan) , Bahkan hadapilah Segala hal dg senyum bahagia.

Semoga bermanfaat
Source :
Prof. Dr. dr. Bhenny Karim, SpPD-KR. (Guru Besar FK UGM)

posted from Bloggeroid